[Review] Misna Mika - Tiga Bianglala

Judul: Tiga Bianglala (Goodreads)
Pengarang: Misna Mika
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
ISBN: 9789792299199
Tahun: 2013
Tebal: 304 hlm.
Rating: 3.5/5 stars
Format: ebook
Mulai: 13 Desember 2015
Selesai: 30 Januari 2016


Sinopsis:
Itut menjalani hari-hari di Kampung Bala, pinggiran kota Palembang. Ia tinggal berimpitan dalam rumah reyot tapi hangat bersama lima orang saudara, dan kedua orangtua.

Dengan sifat iseng, jail, dan penuh akal, Itut yang berkulit hitam dan kumal mencoba menikmati masa kecil bersama Manna, sobatnya yang cantik dan manis. Bermain cak engkleng, menyewa sepeda, mencuri buah dari pohon tetangga, hingga berjualan es bungkus adalah kegiatan yang mengisi hari-hari mereka dengan segala keterbatasan. Tak peduli pada gerombolan Vivi yang menyombongkan kekayaan, mereka berdua malah memilih berteman dengan Meimei, gadis Tionghoa yang dianggap aneh tapi juara di kelas.


Review:
Berbulan-bulan yang lalu aku sedang ingin membaca buku anak-anak dan akhirnya memilih buku ini. Dari sinopsisnya, buku ini sepertinya seru. Dan memang cukup seru. Hanya saja itu tidak cukup untuk membuatku langsung menyelesaikannya. Makanya butuh hampir 2 bulan dan berulang kali meminjam di iJak untukku menyelesaikan buku ini.

Awal buku cukup seru, karena mulai mengenal tokoh yang ada di buku ini: Itut, Manna, Vivi, dan teman-temannya yang lain. Mungkin kalau aku masih di bangku SD buku ini akan sangat kusukai karena banyak nilai yang bisa dipelajari. Tentang pertemanan, kehidupan anak-anak, lugunya rasa suka antar anak SD, dll.

Pertengahan buku cukup membosankan. Tidak banyak hal yang terjadi. Sampai akhirnya twist di buku ini terjadi. Cukup sedih dan terharu dengan bagian itu sampai akhir buku. Secara keseluruhan, aku memberikan buku ini rating 3.5 dari 5 bintang karena ada bagian yang sangat bagus meskipun banyak juga bagian yang membuatku bosan.

Comments

Popular posts from this blog

[Review] Miyazaki Ichigo - Akatsuki: Semburat Cinta di Langit Tokyo

December 2017 Book Haul & Wrap Up