Things About January - February 2015

Hai semua, apa kabar? Ini post pertama saya bulan ini, dan saya ingin membahas 2 hal yang terjadi pada saya beberapa waktu yang lalu.

Hal yang pertama, berhubungan sama buku non-fiksi yang diberi nama skripsi. Setelah kurang lebih 4 bulan berjuang menyelesaikan skripsi dan mengumpulkan soft cover, akhirnya kemarin tanggal 2 Maret saya melalui proses sidang. Dan hasil akhirnya...saya dinyatakan LULUS sidang. Tambahan lagi, saya mendapatkan nilai yang cukup baik. Yang ada di pikiran saya setelah mendengar pengumuman sidang, rasanya semua stres, marah, lelah, ngantuk, dan segala hal buruk yang terjadi selama mengerjakan skripsi hingga selesai sidang itu paid off. Tapi bukan berarti langsung selesai urusannya, karena saya masih akan mengurus hard cover dan baru setelah itu menunggu waktu wisuda. Tapi untuk saat ini, rasanya saya masih melayang karena bahagia *lebai*.

Berikutnya berkaitan dengan blog ini. Dan disini saya ingin menceritakan asal muasal blog buku ini terlebih dahulu. Semua dimulai kira-kira pertengahan tahun 2014, saat teman saya retweet salah satu quote dari akun @fiksimetropop. Karena judulnya mengandung kata 'metropop' yang saya sukai, akhirnya saya baca tweet terdahulu dari akun tersebut. Dan ujung-ujungnya saya follow akun tersebut. Suatu hari saya membuka web Fiksi Metropop dan dari situ saya mulai mengenal yang namanya BBI alias Blog Buku Indonesia.


Singkat cerita, BBI merupakan komunitas bagi para blogger buku yang merupakan warga negara Indonesia. Kata 'blogger buku' disini artinya para pembaca buku, fiksi maupun non-fiksi, yang suka review atau diskusi membahas buku dan menuliskannya di blog masing-masing. Untuk penjelasan yang lebih lengkap, bisa dilihat di web ini. Dari awal saya melihat isi blog buku para member BBI, saya langsung ingin mendaftar untuk bergabung. Tapi saya bukan orang yang suka menulis di blog, boro-boro bikin review buku. Akhirnya saya membuat resolusi bahwa tahun 2015 saya wajib punya blog buku, wajib rajin review buku yang saya baca, wajib mengurangi timbunan buku cetak dan ebook, dan kalau bisa masuk menjadi anggota BBI di tahun ini. Dan...I did it!!!

Setelah saya membuat 5 atau 6 post *lupa*, saya langsung mendaftarkan diri lewat email dan mengikuti proses yang diberlakukan BBI. Dan tanggal 19 Februari kemarin, resmi sudah saya masuk menjadi member BBI dengan ID 1501186. Karena 2 resolusi saya tahun ini sudah tercapai (punya blog buku dan jadi member BBI) maka saya akan fokus pada 2 resolusi saya yang berikutnya: menghabiskan minimal setengah timbunan buku cetak dan mungkin sepersekian timbunan ebook, serta mereview buku yang saya baca. Wish me luck!

Comments

Popular posts from this blog

Share the Love 2017: #Giveaway oleh @mandewi dan @afifahtamher